Tips Memilih Cloud Developer Partner

Cloud Developer Partner

Tips memilih cloud developer partner - 
Mengigat kemudahan yang ditawarkan oleh layanan cloud utamanya dalam pengoptimalan system, sehingga pengguna tidak perlu lagi menyediakan penyimpanan eksternal, mengeluarkan biaya perawatan, atau menyediakan sumberdaya dan infrastruktur perangkat keras lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, pengguna juga akan dimanjakan dengan pelayan cloud yang fleksibel, diperangkat manapun, kapanpun, hingga dibelahan dunia manapun.

Entah sifatnya public, private, maupun pembauran keduanya, layanan akan disesuaikan dengan pilihan serta perintah pengguna.

Nah! Agar  pengguna lebih nyaman dalam penggunanaan layanan cloud, pengguna harus jeli memilih kebutuhan layanan yang sesuai karakteristik pengguna.

Tips Memilih Cloud Developer Partner

Untuk lebih jelasnya mari kita simak tips memilih cloud computing partner dibawah ini. Agar kita dapat “mencari yang terbaik diantara yang paling baik”, yang tentunya sesuai pilihan dan perintah tuan-tuan sekalian.

1. Kesesuaian Dengan Kebutuhan

Cloud computing partner memiliki beragam jenis dan layanan yang berbeda. Karena itu, tujuan pengguna menggunakan layanan cloud harus sesuai dengan pelayanan cloud yang dipilih. Kenyamanan pelayanan cloud pada pengguna bergantung pada tujuan dan kebutuhan pengguna. Maka dari itu pengguna perlu menentukan serta memastikan tujuan dan kebutuhan agar nyaman menggunakan pelayanan cloud.

2. Keamanan

Sebelum menggunakan layanan, pengguna perlu memastikan keamanan data pada layanan lebih dahulu.  Pengguna juga perlu memastikan apakah provider menjamin serta memastikan pengamanan data dalam layanannya serta bagaimana standarisasi keamanan server layanan cloud tersebut.

Standarisasi keamanan serta jaminan pengamanan data sangat penting diketahui pengguna, agar data-data yang sifatnya privasi dan rahasia tidak dapat diakses oleh pengguna lain yang tidak bertanggung jawab.

3. Performa dan Kualitas

Setelah mengetahui deskripsi keamanan sistem pelayanan, pengguna perlu memeriksa performa kecepatan layananan. Karena performa layanan sangat berpengaruh, utamanya pada dunia kerja atau dunia bisnis.  Performa layanan cloud computing yang lambat atau tidak berkualitas pasti akan menghambat pekerjaan dan bisnis pengguna.

4. Pencadangan atau Backup

Poin inilah yang terpenting dalam pelayanan cloud, karena bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada server. Jika cloud memiliki system pelayanan pencadangan data, berarti data pengguna tetap aman sekalipun terjadi bencana pada server.

Pada dasarnya tidak ada yang sempurna didunia ini, walau layanan cloud sekelas global atau provider berpengalaman sekalipun.

5. SLA (Service Level Agrement)

Sebagai tolak uku atau alat alat takar pengguna terhadap layanan cloud, disinilah peran SLA. Pengguna perlu mengetahui konsep atau planning provider cloud computing dalam pemenuhan SLA sebagai alat ukur komitmen serta kompetensi perusahaan layanan cloud.

Sehingga, pengguna dapat menentukan pilihan yang bijak dan baik demi kenyamanan dan keamanan serta kepentingan pengguna.

6. Layanan API

Application Programming Interface atau API merupakan layanan antarmuka yang dapat digunakan pengguna untuk mengautomatisasi, mengontrol dan menghubungkan pengguna melalui aplikasi lain dengan cloud computing.

7. Pengawasan, Monitoring, dan Maintenannce

Pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu system dan mekanisme monitoring yang dilakukan oleh provider cloud computing. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada kemanan dan kesepakatan antar pengguna dan penyedia layanan cloud. Maka dari itu sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui metode dan mekanisme agar pengguna dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Sertifikasi dan Standarisasi

Pastikan bahwa layanan yang akan digunakan pengguna telah memliki standarisasi dan sertifikasi yang mumpuni agar tidak muncul masalah dikemudian hari. Pastikan juga bahwa provider memiliki sertifikat standarisasi yang terpercaya, misalnya ISO 20000, ISO 9000, dan ISO 27001.

9. Biaya

Terakhir adalah biaya atau harga pelayanan. Pastikan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan pelayanan, fasilitas, spesifikasi yang diberikan kepada pengguna. Gunakan sampel perbandingan agar pengguna dapat menilai apakah biaya sesuai atau tidak dengan jasa cloud computing Partner yang dipilih.

Setelah menerapkan semua tips tadi, selanjutnya kalian,… Eh, maksudnya calon pengguna selanjutnya tinggal memantapkan hati dan menetapkan pilihan. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Demikan Tips memilih cloud developer parner versi Yapedia. Semoga bermanfaat. Salam hangat dari penulis.

LihatTutupKomentar