Definisi Cloud Computing computasi Awan

Definisi cloud computing Computasi awan

Definisi Cloud Computing
atau komputasi awan adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan besar computer yang saling terhubung satu sama lain. Atau, dalam bahasa umum, kita mengenalnya dengan istilah internet.

Secara umum cloud computing dipahami sebagai sebuah layanan penyedia resorce it di internet. Bahkan, banyak juga yang mengartikan cloud computing adalah internet itu sendiri.

Bukankah internet selalu digambarkan dalam sebuah skema jaringan besar berisi computer yang saling terkonekasi, sehingga nampak seperti awan raksasa.

Itulah sebabnya intrnet disimbolkan dengan awan atau cloud dalam bahasa ingris.

Contoh, Manfaat dan Definisi Cloud Computing Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga mngemukakan pendapatnya mengenai definisi cloud computing, diantaranya:

  • ia mengatakan bahwa Cloud Computing adalah sebuah model komputasi yang aktivitas pemrosesan, penyimpanan dan penydiaan softwere serta layanan lainnya disediakan layaknya sumber virtual terpadu pada suatu jaringan internet.
  • Peter Mell dan Timothy Grance. Mereka definisikan Cloud Computing sebagai sebuah model akses ke sumber daya komputasi seperti jaringan, server, storage, aplikasi yang kemudian dapat dirilis dengan cepat.
  • Sullivan, menurutnya, Cloud Computing merupakan model pemberian layanan teknologi informasi kepada pengguna secara fleksibel melalui server virtual berskala besar.

Contoh Cloud Computing 

Contoh yang paling paling banyak dapat ditemukan pada vendor-vendor IT raksasa seperti google, facebook, wordpres, yahoo dan lain-lain. Brand-bran besar ini adalah pemain utamanya.

Berikut contoh layanan cloud computing dalam kehidupan shari-hari.

  • Email
  • Media social
  • Aplikasi web tatap muka
  • Pencadangan data
  • Toko online
  • Desktop virtual
  • Dan lain-lain

Manfaat Cloud Compuring

Manfaat computasi awan paling besar dapat dirasakan dalam menjalankan bisnis. Di zaman teknologi informasi saat ini hamper semua lini usaha sudah memanfaatkan internet untuk menjalankan usahanya.

Sekarang giliran kamu, untuk mempertimbangkannya. Sebagai rujukan, dibawah ini beberapa kelebihan dan manfat computasi awan dalam menglola perusahaan kamu.

Sebagai tambahan referensi. Sebaiknya kamu membaca Tips Memilih Cloud Developer Partner, sebelum memutuskan menggunakan layanan cloud computing. 

1. Hemat Biaya

Dalam manjalankan bisnis, kita tidak perlu membeli perangkat keras maupun memasang perangkat lunak. Kita hanya perlu berinvestasi dengan membayar biaya berlangganan saja.

Tentu saja ini sangat hemat disbanding mengadakan infrastruktur it itu sendiri yang tntunya juga beimplikasi pada biaya perawatan yang tidak murah. 

2. Meningkatkan Performa Kerja

hadirnya Cloud Computing mmungkinkan kita dan setiap orang yang terlibat dalam perusahaan kita bisa mengakses data dan aplikasi yang diperlukan dengan mudah.

Selama ada koneksi internet. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi batasan. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan performa kerja.

3. Menjamin Keamanan Data

Penyimpanan cloud memiliki tingkat keamanan lebih tinggi disbanding penyimapanan konvensional seperti kebiasaan zaman dulu. Menyimpan Data dan dokumen berbentuk kertas sangat rentan rusak dan mudah diretas orang.

Hadirnya teknologi Cloud Computing, menjamin keamanan data pengguna karena disimpan dalam server yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang mendapat izin.

Kekuranga Cloud Computing

Tak ada gading yang tak retak. Tidak ada kesempurnaan hakiki, selain Dia sang pemilik kesempurnaan itu sendiri. Teknologipun demikian. Disamping berbagai kelabihan-kelebihan, tetap saja terdapat kekurangan.

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Koneksi internet satu-satunya akses agar dapat menggunakan layanan cloud computing.

Ketika kamu tidak memiliki koneksi internet, atau transmisi jaringan internet menuju cloud provider mengalami msalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.

2. Sulit cari povider terprcaya

Seiring perkembangan zaman yang terus trus mengarahkan manusia beralih ke kehidupan online. Kebutuhan akan layanan teknologi cloud computing juga semakin mningkat.

Cloud provider juga semakin menjamur, mulai dari yang abal-abal hingga yang mmiliki keandalan. Hal ini, tentu saja menyulitkan kita untuk mencari partner cloud computing terpercaya.

LihatTutupKomentar