Pengertian Cloud Service Serta Kosep dan Fungsinya


Pengertian cloud servic

Pengertian cloud service - 
Cloud service merupakan istilah pemberian beragam pelayanan lewat internet yang mengacu kepada sebuah analogi berupa cloud (awan). Pelayanan tersebut diberikan guna memudahkan pengguna, sehingga pengguna tak perlu menyediakan hosting maupun menjalankan pekerjaan komputasi berat.

Dengan hadirnya cloud service, pengguna hanya “terima beres” tanpa perlu mengelola atau menyediakan sumberdaya serta perangkat keras lainnya. Ibarat cloud (awan), cloud service akan mengambil alih pekerjaan serta penyediaan infrastruktur tersebut sesuai kebutuhan pengguna, sehingga pengguna tak perlu memikirkan pekerjaan komputasi berat tersebut.

Pengertian cloud service, Konsep dan Fungsinya

“Tak kenal maka tak sayang” begitulah kata pepatah. Maka dari itu, untuk lebih memahami dan mengenali inti sari cloud service mari kita simak pengertian, konsep dan fungsi cloud service berikut ini,

Pengertian Cloud Service

Cloud service adalah layanan pengiriman sumber daya It yang disediakan deeloper cloud computing. Sumber daya tersebut diberikan kepada klien melalui koneksi internet. Sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pengadaan biaya infrastruktur It yang rumit dan hargnaya selagit itu.

Konsep Cloud Service

Pada dasarnya, cloud service menggunakan internet sebagai pusat server dan penyimpanan data sehingga pengguna tidak perlu menyediakan perangkat keras atau menginstal beragam aplikasi . Pengguna hanya cukup menginstal satu aplikasi yang mengoperasikannya, kemudian cloud service akan menangani sisanya 

Server internet yang berupa awan tersebut akan mengelola dan memproses perintah dari pengguna. Sementara, informasi dan  data yang diterima akan disimpan atau diambil dari basis data sesuai perintah pengguna.

Untuk mencegah hilangnya data serta mempercepat pengaksesan data secara global, cloud service akan menyingkronkan data keseluruh belahan dunia, sehingga pengguna dapat mengakses data dengan cepat kapanpun dan dimanapun berada.

Fungsi Cloud Service

Selain terjangkau, mempermudah, dan memanajakan kalian cloud service juga memiliki beberapa fungsi yang perlu diketahui.

1. Menghemat Pengeluaran

Dengan memakai jasa cloud service pengguna tidak perlu mengeluarkan uang atau memikirkan biaya perawatan, penggantian, pembaruan dll. Karena, cloud service bukanlah hard disk maupun penyimpanan eksternal lainnya yang memiliki jangka waktu pemakaian.

cloud service akan menyimpan data pengguna pada  servernya, sehingga pengguna tidak mengeluarkan uang untuk mengganti hard disk yang using.

2. Memastikan Keamanan Data.

Dibandingkan menggunakan penyimpanan eksternal yang memiliki bentuk fisik, cloud service menyimpan data lebih aman menggunakan server cloud (awan) atau internet yang bisa diakses sekalipun pengguna menggunakan perangkat berbeda di tempat yang berbeda.

Cloud service lebih kebal terhadap serangan fisik, pencurian maupun kehilangan, bahkan bencana alam sekalipun.

3. Memudahkan Akses Data

Server Cloud service menyingkronkan data keseluruh dunia sehingga akses data lebih cepat sekalipun pengguna berada di belahan dunia yang lain. Selain itu, cloud service menggunakan satu server yang terpusat yang pada dasarnya membuat pengguna tidak perlu menyediakan sumber daya yang terpisah karena masalah kapasitas penuh seperti pada penyimpanan eksternal.

Layanan Cloud Service

Cloud service juga memiliki berbagai macam layanan guna mempermudah penggunanya. Namun, sebaiknya sebaiknya kamu membaca Tips Memilih Cloud Developer jika akan memutuskan menggunakan layanan cloud computing.

Dari segi pengaksesan

Dari segi pengakssen layanan cloud service terdiri dari tiga jenis layanan.

1. Public Cloud

Public Cloud merupakan layanan yang diberikan kepada banyak pengguna, sehingga siapa pun dapat menjangkau pelayanan ini. Dan, biasanya tersedia secara gratis.

2. Private Cloud

Sebaliknya dari public cloud, privat cloud merupakan sebuah pelayanan khusus bagi pengguna/organisasi yang tidak bisa diakses oleh orang lain atau pihak yang diluar organisasi. Biasanya pelayanan seperti ini digunakan oleh organisasi atau perusahaan agar data-data yang sifatnya rahasia tidak diakses oleh pihak lain

3. Hybrid Cloud

Hybrid cloud adalah kombinasi antara public cloud dan private cloud disebut . Pada layanan ini, pengguna dapat memakai layanan layanan public cloud. Namun, dimungkinkan juga meggunakan layanan private cloud, tentu saja dengan sedikit biaya tambahan.

LihatTutupKomentar